. . .
  • alan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Profil Wakaf Daarut Tauhiid

Wakaf Daarut Tauhiid (DT) merupakan salah satu lembaga wakaf profesional di Indonesia. Wakaf DT didirikan oleh KH. Abdulah Gymnastiar pada tahun 1999 di bawah Yayasan Daarut Tauhiid. Wakaf DT telah memiliki izin sebagai lembaga pengelolaan wakaf tunai dengan No. 3.3.00101 dari Badan Wakaf Indonesia.

Secara legalitas, Yayasan DT telah memiliki Akta Notaris Hj. Tetty Surtianti, SH, No.8 tanggal 26 September 2012. Sebelumnya, Yayasan DT berakta Notaris Hj. Ahmadi, SH tanggal 4 September 1990.

Lembaga wakaf yang berbasis pesantren ini memberikan penguatan tauhid kepada para pengelolanya, yang dibarengi pemahaman fiqih wakaf yang menyeluruh. Di antara upaya untuk mewujudkan kemanahan tersebut yakni dengan adanya pembinaan kepada  mereka setiap pekannya, adanya Lajnah Syariah, dan Dewan Pengawas serta Dewan Pembina.

Sementara itu, sebagai lembaga profesional, Wakaf DT menjalankan semua kegiatannya berdasarkan SOP yang telah bersirtifikat ISO 9001. Pun, dalam pengelolaan keuangannya, terutama dana wakaf yang terhimpun, dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Wakaf DT mengelola dana wakaf yang terhimpun untuk memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi umat. Untuk mengoptimalkan wakaf agar menjadi kekuatan ekonomi untuk kesejahteraan umat, Wakaf DT mengelola asetnya menjadi wakaf produktif, di antaranya menjadi pertokoan, swalayan, pujasera, dan gedung serba guna. Semua aset wakaf tersebut menjadi fasilitas bagi masyarakat agar berdaya dengan  menjadi penyewanya, terutama Pujasera.

Dalam pengembangan potensi wakaf untuk kegiatan pendidikan, dakwah serta sosial, aset Wakaf DT dikelola menjadi fasilitas pendidikan formal dan informal, serta lembaga zakat, yakni DPU Daarut Tauhid.

Sementara itu, Lembaga pendidikan yang sudah didirikan saat ini adalah SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS), SMA DTBS, SMK DTBS, TK Khas Daarut Tauhiid. Sedangkan lembaga pendidikan informalnya adalah Pesantren Daarut Tauhiid. Pesantren ini memiliki dua sub unit lembaga, yakni Baitul Quran (BQ) Daarut Tauhiid dan Daarut Tarbiyah (Datar) Daarut Tauhiid.

Wakaf DT terus memberikan edukasi dan sosialisasi wakaf, serta berbagai kemudahan kepada masyarakat agar bisa berwakaf. Di antaranya dibukanya Gerai Wakaf DT saat akhir pekan dan hari libur, serta di acara eksibisi di Kota Bandung.

Dalam memberikan kemudahan masyarakat untuk berwakaf, Wakaf DT juga terus berusaha menggunakan teknologi yang berkembang, di antaranya penyediaan rekening untuk setiap program wakaf, masyarakat bisa berwakaf melalui internet banking khusus pengguna Bank Mandiri, dan berwakaf melalui aplikasi BMT Mobile bagi anggota Kopontren DT.

Untuk Semakin mempermudah masyarakat dalam berwakaf, wakaf DT juga bekerja sama dengan LKS Penghimpun Wakaf Uang (PWU), salah satunya Bank CIMB Niaga Syariah. Selain bisa langung mentransfer wakafnya, masyarakat juga bisa membuka tabungan khusus wakaf dan memilih program wakaf sesuai keinginan.

VISI

Menjadi lembaga Wakaf yang amanah, prefesional dengan berorientasi kepada sebesar-besarnya kemanfaatan ummat (mauquf alaih).

MISI

  • Menghimpun wakaf untuk meningkatkan keberkahan harta muwakif
  • Mengoptimalkan wakaf dengan kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan ummat
  • Mengembangkan potensi wakaf untuk menunjang kegiatan pendidikan, da’wah dan sosial

Informasi Detil

  • Akta Notaris Dr.Wiratni Ahmadi, S.H Nomor 8 pada tanggal 4 September 1990.
  • Diperbaharui Akta Notaris Dr. Wiratni Ahmadi, S.H Nomor 57 taggal 28 Juni 20012 Jo. Akta Notaris Dr. Wiratni Ahmadi, S.H No.17 tanggal 22 April 2004 yang dimuat dalam tambahan berita acara R.I Tanggal 21 Desember 2004 No.102.
  • Akta Notaris Hj. Tetty Surtiati Hidayat, S.H Nomor 8 tanggal 26 September 2012.

Pembina Yayasan DT

KH. Abdullah Gymnastiar
H. Abdurrahman Yuri Ramdho Ganendra
Dr. Ir. Budi Faisal

Pengawas Yayasan DT

Wahyu Prihartono
Dudung Abdul Gani
Feri Susanto

Dewan Lajnah Syariah

H. Mulyadi Al Fadhil
H. Mumuh Abdul Muhyi
H. Abdul Wahab
H. Fahrudin
H. Mulyana
H. Roni Syahroni

Pengurus Wakaf Daarut Tauhiid

Ketua        : Gatot Kunta Kumara
Wakil        : Mohamad Iskandar
Sekretaris : Tomy Satyagraha
Bendahara: Yunus Zainudin

Pelaksana Harian Wakaf DT :

Direktur Wakaf DT                               : Agus Kurniawan
Kepala Sekretariat                                : Yana Nurjaman
Kabag Marketing (Penghimpunan)  : Hafiizhullah
Kabag Support Marketing                  : Agus Kurniawan
Kabag Prog. Pengembangan Wakaf : Agus Kurniawan